RSS

Agar Mudah di Ujian Tanah

29 Okt

Mata kuliah geoteknik, yaitu yang berhubungan dengan perilaku tanah dan sifat-siIMG_0001fatnya, baik mekanis maupun fisik, merupakan salah satu bidang yang menjadi konsentrasi di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM. Bahkan, beberapa minggu lalu telah dibuat Study Club (semacam forum diskusi spesialis bidang tertentu) untuk bidang Geoteknik, yang dikelola bebarengan antara KATS dan KMTS. Diketuai oleh teman kami, seorang pemuda cerdas yang teramat (kalau bisa dibilang terlampau) bersemangat : Dian Pratomo.

Kembali ke kuliah geotaknik, bagi mahasiswa yang beruntung, pasti akan sering berhadapan dengan Dr. Ir. Ahmad Rifa’i, MT., pengampu berbagai mata kuliah geoteknik di JTSL FT UGM. Beliau, yang menyelesaikan studi S2-nya di ITB dan S3 di Swiss, mengampu beberapa matakuliah geoteknik, diantaranya :

  1. Mekanika Tanah (1 dan 2)
  2. Fondasi Dangkal
  3. Fondasi Dalam
  4. Mekanika Batuan

Ada tambahan lain? Seingat saya hanya mata kuliah diatas. CMIIW. Bagi yang pernah atau akan mengambil mata kuliah tersebut, sebaiknya perhatikan dan camkan aturan beliau dalam memberi ujian : Diperbolehkan membuka 1 lembar catatan tangan asli dan tidak fotokopi.

Sudah genap empat mata kuliah yang saya ambil bersama beliau, dan oleh karenanya perlu disampaikan beberapa tips seputar menyiasati aturan tersebut. Don’t break the rules, just bend it.

  1. Sertakan senjata sakti dalam catatan : Contoh Pengerjaan Soal. Hal ini didasarkan atas model soal beliau yang hampir stagnan. Jumud. Tidak berubah dari tahun ke tahun. Ambil saja beberapa soal yang sering muncul. Saran saya kerjakan sendiri, diskusikan dengan rekan-rekan, dan bawa serta saat ujian.
  2. Mulailah mengerjakan soal tersebut tiga sampai empat minggu sebelum ujian. Jadi ada waktu, untuk berdiskusi dengan rekan, atau bahkan dengan beliau langsung. Hanya saja, ambil resikonya jika beliau kemudian mengubah soalnya gara-gara pertanyaan kita.
  3. Masukkan rumus-rumus yang perlu beserta penjelasan notasi dan satuan. Jangan sampai terdapat variabel c namun kita blank penggunaannya, bahkan tidak tahu c itu apa.

Jangan lupa, jangan mencoba untuk memfotokopi catatan teman atau orang lain. Selain termasuk dalam kategori break the rules, terkadang pengawas yang iseng memeriksa satu persatu catatan mahasiswa, memastikan apakah catatan tersebut hasil fotokopi atau tulisan tangan aseli.

Semoga bermanfaat!

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 29, 2009 in Teknik Sipil UGM

 

Tag: , ,

2 responses to “Agar Mudah di Ujian Tanah

  1. analogGuy

    Oktober 29, 2009 at 5:54 am

    viva geoteknik!!:mrgreen: *jangan lupa doa dan tawakal dalam ujian*

     
    • dienz

      Januari 26, 2011 at 11:25 am

      kalo di teknik sipil ugm apa ada konsentrasi lingkungannya ya?

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: