RSS

Teknik Sipil Dalam 4 Kata

07 Nov

egypt4Kemampuan untuk mengeluarkan kata-kata pamungkas, barangkali tidak semua manusia memilikinya. Manusia paling sempurna yang pernah ada, Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam sendiri, diantara keutamaan yang diberikan kepada beliau adalah Al-Jawami’ul Kaliim. Kemampuan untuk meringkas berbagai makna menjadi hanya dalam beberapa kata ringkas saja. Dan salah satu kalimat ringkas yang saya sukai, yang menurut saya berhasil mendefinisikan dengan jelas apa itu teknik sipil, adalah kalimat yang diucapkan oleh Dr. Ir. Sunjoto, Dipl.HE, seorang dosen kami di Teknik Sipil UGM.

Melalui kalimat ringkas ini, yang saya dengar di semester empat kuliah saya, menjadi jelas sudah berbagai pertanyaan yang berkecamuk, tidak hanya saya barangkali, namun juga mahasiswa lainnya. Begitu luasnya cabang ilmu yang kami pelajari, mulai dari hidraulika, transportasi, struktur, apa sebenarnya poinnya? Beliau pun berkata begini :

“Menurut Saudara, apa itu teknik sipil? Teknik Sipil itu kalau menurut saya idenya begini, teknik membangun peradaban manusia. Makanya disebut civil engineering, civilization engineering. Teknik Peradaban.”

Jelas sudah. Keterkaitan mata kuliah Irigasi dan Bangunan Air, Teknik Lalu Lintas, Struktur Bangunan, Teknik Penyehatan, hubungannya apa ? Jawabnya adalah semua bidang yang dipelajari, bertujuan untuk membangun dasar-dasar penting bagi peradaban manusia. Mari kita telaah satu persatu 3 cabang utama dalam ilmu ketekniksipilan, dan peranannya dalam mebangun peradaban :

  1. Struktur. Monumen Nasional (Monas), dahulu dikenal sebagai salah satu bagian penting dari politik mercusuar Soekarno. Politik mercusuar, nampaknya memahami betul bahwa peradaban suatu bangsa dapat dilihat dengan jelas dan kasat mata, dari bangunan-bangunannya. Semakin tinggi, semakin “bercakar langit” bangunan di suatu negara, dan kalau sekarang semakin aman gempa suatu bangunan, semakin bergengsi pula peradaban bangsa itu di mata dunia.
  2. Transportasi. Berulang kali, Ir. Wardhani Sartono, MSc. menyampaikan sebuah kalimat yang diucapkan oleh seorang pemimpin komunis Cina, “Build roads to make prosperity” atau Bangunlah Jalan-Jalan jika Ingin Makmur”. Transportasi, baik infrastruktur seperti jembatan, jalan, maupun sistemnya penting bagi kemajuan suatu peradaban. Manusia baru bisa mngembangkan bidang-bidang seperti perdagangan, budaya, sosial, hanya jika transportasi telah maju dan lancar.
  3. Hidraulika. Berbicara mengenai air, di zaman doeloe nampak jelas peran air bagi perkembangan peradaban-peradaban besar. Mesir dengan Sungai Nilnya, Mesopotamia dengan Eufat dan Tigrisnya, membuktikan dengan jelas hal ini. Fungsi terpentingnya tentu adalah irigasi dan kebutuhan pokok masyrakat. Banjir dan penanganannya, juga menjadi hal yang penting bagi indikator kemajuan suatu peradaban. Termasuk di antaranya, pembangunan waduk, saluran irigasi, bagi kebutuhan pertanian suatu negara.

Sementara cabang ilmu yang lain, seperti geoteknik bersifat luas dan menyatu dalam tiga cabang di atas. Tentu, peranannya dalam membangun peradaban tak kalah pentingnya. Namun, pengaruhnya secara individual, rasanya masih belum saya temukan. CMIIW.

Semoga bermanfaat !

     
    4 Komentar

    Ditulis oleh pada November 7, 2009 in Teknik Sipil UGM

     

    Tag: , , , ,

    4 responses to “Teknik Sipil Dalam 4 Kata

    1. baehaqqi

      Desember 17, 2009 at 1:55 pm

      bagus banget,,

       
    2. Mustafa

      Desember 9, 2010 at 2:10 pm

      Akh Yougha, ana seorang mahasiswa akuntansi. Tapi jujur ana seneng banget dengan dunia transportasi. Kira2 bagaimana yan caranya agar ana bisa merangsek masuk ke dunia transportasi dengan bekal ilmu akun yg ana miliki?

       
      • yhougam

        Desember 9, 2010 at 2:30 pm

        Mohon maaf karena saya juga masih newbie, barangkali belum bisa menjawab pertanyaan saudara. Sampai saya kuliah baru saya tahu bahwa ada sekelompok orang yang minat sekali dengan dunia transport, sampai tahu jenis2 pesawat, model rel kereta api, jenis mesin, dsb. Uniknya backgroundnya juga bermacam-macam, dan tingkat pengetahuannya juga jauh melebihi saya yang memperoleh pendidikan resmi lewat bangku kuliah. Saya dapat matakuliah bandara, tapi belum tentu saya bisa menjelaskan prosedur landing pesawat sebagus seorang teman saya dari psikologi yang hobinya dari kecil pesawat.

        Mungkin coba saja daftar kerja ke bidang-bidang transportasi Mas. Barangkali ke Dishub, Angkasa Pura, atau ambil S2 bidang Transport di Teknik Sipil (kalau boleh ndaknya saya jg belum tahu).

        Sukses, Mas!

         
        • Mustafa

          Januari 15, 2011 at 3:47 am

          Naam. syukron atas jawabannya. Ana dulu pernah ingin sekali masuk ke teknik sipil dengan bekal hobi transportasi dan ana ingin mendalaminya biar bisa punya spesialisasi dan keahlian (walaupun fisika dan matematika saya pas2an). Allah berkata lain, ana keterimanya di akuntansi. Ana yakin ini pasti yang terbaik buat ana.

          Ya walaupun di perkuliahan, hobi ini ga bisa tersalurkan, tetapi ana tetep berharap bisa kerja di tempat yang ada kaitannya dengan transportasi.

          Sukses juga buat Mas Yhouga!

           

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

     
    %d blogger menyukai ini: