RSS

2012 Kiamat ?

16 Nov

untitledSyaikh Hafidz bin Ahmad Al-Hakamy, seorang ulama yang wafat pada tahun 1377 H, memiliki sebuah karya yang berisi kumpulan soal dan jawab dalam masalah aqidah. Kitab tersebut beliau beri judul A’laamus Sunnah Al-Mansyurah Li I’tiqood Ath-Thaaifah An-Naajiyah Al-Manshurah (Panji-Panji Sunnah yang Berkibar Seputar Keyakinan Golongan yang Selamat dan Mendapat Pertolongan). Kitab ini berisi puluhan soal jawab seputar permasalahan aqidah yang menjadi keyakinan Ahlus Sunah wal Jamaah. Dibangun diatas landasan Al-Qur’an dan Sunnah yang shohih berdasarkan pemahaman Salafuna Ash-Shalih. Guru kami Al-Ustadz Al-Fadhil Abu Dihyah Marwan, pengajar Ma’had Jamilurrahman As-Salafy dan Ma’had Ilmi Yogyakarta dalam pelajaran Tauhid Asma’ wa Shifat, memiliki blog yang berisi terjemahan beliau seputar kitab ini. Hanya, terjemahan beliau sampai saat ini baru mencapai soal ke-11. Sementara itu, di tengah euforia publik seputar film “2012” yang seolah meramaikan ramalan seputar kiamat, saya iseng membaca-baca kitab ini dan menemukan soal jawab yang sesuai. Berikut ini terjemahan yang saya ambil dari naskah yang dicetak oleh Maktabah Ar-Rusydi, Saudi Arabia dan ditahqiq oleh Dr. Ahmad bin ‘Ali ‘Alusyi Madkhaliy. Sementara untuk bahan koreksi, kami menggunakan terjemahan Ustadz Abu Umar Basyier yang diterbitkan oleh Penerbit At-Tibyan dalam “Buku Pintar Aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah”.

Soal : Bisakah Seseorang Mengetahui Kapan Terjadinya Hari Kiamat ?

Jawab : Terjadinya hari kiamat merupakan salah satu dari kunci-kunci alam ghaib yang dirahasiakan oleh Allah dengan ilmu-Nya, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat, dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati” (QS. Luqman : 34)

Allah Ta’ala juga berfirman :

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: ‘Kapankah terjadinya?’ Katakanlah:  ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba'” (QS. Al-A’raaf : 187)

Dan Allah Ta’ala berfirman :

“(Orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari kebangkitan, kapankah terjadinya ? Siapakah kamu (maka) dapat menyebutkan (waktunya) ? Kepada Rabb-mulah dikembalikan kesudahannya (ketentuan waktunya)” (QS. An-Naazi’aat : 32-34)

Dan juga apa yang telah dikatakan Jibril kepada Nabi shallallaahu alaihi wa sallam :

“Maka beritahukanlah kepadaku tentang hari kiamat. Maka Nabi menjawab, ‘Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang menanya'” (Muttafaqun ‘alaih)

Kemudian disebutkanlah tanda-tanda hari kiamat. Dan dalam sebuah riwayat ditambahkan, “Dan hal ini merupakan salah satu dari lima hal yang tidak diketahui kecuali oleh Allah Ta’ala”. Kemudian Rasulullah membaca ayat-ayat sebelumnya.

-selesai terjemahan dari A’lamus Sunnah

Semoga bermanfaat!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 16, 2009 in Islam

 

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: