RSS

Makna Perkataan “Walladzi nafsiy biyadihi”

01 Sep

Walladzi nafsi biyadih atau seringkali diterjemahkan dengan “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya” merupakan kalimat yang seringkali kita jumpai dalam hadits.

Maksud dari perkataan ini ialah bersumpah dengan nama Allah, adapun makna dari digenggamnya jiwa di tangan-Nya ialah :

  1. Setiap jiwa berada di tangan Allah Jalla wa ‘Alla, jika Ia berkehendak digenggam-Nya, jika Ia berkehendak dilepaskan-Nya pula. Allah berfirman, “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahan jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan.” [Az Zumar : 42]. Maka jika ajal telah tiba, segeralah Allah menggenggam jiwanya, dan dalam sekejap maut telah menjemputnya.
  2. Allah Jalla wa ‘Alla membolak-balikkan hati sekehendak-Nya, Ia memberi hidayah pada siapa yang Ia kehendaki, dan menyesatkan yang Ia kehendaki. Akan tetapi Allah memberikan pada manusia akal dan pilihan (ikhtiar), dan juga kemampuan (qudrah), kemudian membebani manusia dengan perintah dan larangan sesuai dengan kemampuan. Maka Allah katakan : apabila engkau mengerjakan perintah, maka bagimu balasan berupa surga dan kebahagiaan dunia. Namun jika engkau mengingkari dan justru menentang perintah, maka balasannya ialah adzab, dan hanya orang berakal yang mengerti mana yang memberi manfaat dan mana yang memberi madharat.

[Syarh Fath Al Majid, Abdullah bin Muhammad Al Ghunayman, 38/3, Asy Syamilah]

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 1, 2010 in Islam

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: