RSS

Kunci Memaklumi Kesalahan Orang Lain

25 Okt

Sebagian dari kita begitu mudah (dan bahkan gemar) untuk melihat kesalahan pada diri saudaranya. Tunjuk sana, tunjuk sini, tanpa ia sadari bahwa dirinya sendiri penuh dengan berbagai kekurangan. Adapun kunci dari hal tersebut, tidak lain telah disebutkan oleh Imam Ahmad dalam Kitab Az Zuhd berikut ini.

وقد روى الإمام أحمد عن أبي الدرداء رضي الله عنه قال: لا يفقه الرجل كل الفقه حتى يمقت الناس في جنب الله ثم يرجع إلى نفسه فيكون لها أشد مقتا

Imam Ahmad telah meriwayatkan dari Abud Darda’ radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, “Seseorang tidaklah dikatakan benar-benar faqih, ketika ia jijik akan kekurangan manusia di sisi Allah, sampai ia balik kembali melihat dirinya sendiri, kemudian sadar, bahwa ternyata pada dirinya sendiri lebih pantas ia merasa jijik.”

Itulah ciri orang yang faqih, bukanlah mereka yang gemar memvonis dan menunjuk kesalahan saudaranya dengan seabrek dalil dan alasan. Melainkan mereka yang faqih akan kekurangan dirinya terlebih dahulu, baru kemudian melihat kekurangan yang ada pada diri orang lain. Bukan sebaliknya. Sebagai pamungkas, simak perkataan Mutharrif berikut ini :

وقال مطرف بن عبد الله: لولا ما أعلم من نفسي لقليت الناس

Mutharrif bin Abdillah berkata, “Seandainya aku tidak tahu akan kondisi diriku (yaitu kekurangan-kekurangan yang ada pada diriku -pen), niscaya aku sudah menghajr (memboikot, mengisolir) orang-orang (karena kesalahan-kesalahan mereka -pen).

Jadi, hajrlah (kesalahan-kesalahan pada) dirimu sendiri sebelum menghajr orang lain!

*Masih dari faidah kajian Al I’tisham Sudirman. Dengan gaya penyampaian yang luar biasa dari Al Ustadz Muhammad Umar As Sewed hafizhahullahu ta’ala. 

Emerald Square Bintaro, sembari menunggu meredanya hujan, 26 Dzulqa’idah 1432 H

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 25, 2011 in Islam

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: