RSS

Andai Khabar Ahad Tidak Berfaidah Ilmu

01 Des

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولاً

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai ilmu tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya” (Al Isra : 36)

Syaikh Nashiruddin Al Albani rahimahullah berkata,


“Yang dimaksud yaitu janganlah mengikutinya dan mengamalkannya. Merupakan sesuatu yang telah kita ketahui bersama bahwa kaum muslimin sejak zaman sahabat, selalu mengambil dan mengamalkan khabar ahad. Mereka menetapkan perkara ghaib dan aqidah dengan khabar ahad, misalnya penciptaan makhluq dan tanda-tanda hari akhir, bahkan menggunakan khabar ahad untuk menetapkan sifat-sifat Allah. Seandainya khabar ahad tidak berfaidah ilmu, maka para sahabat, tabiin, tabiut tabiin, dan para imam tidak akan menetapkan perkara aqidah dengannya. Sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Qayyim dalam Mukhtashar Al Shawaiq 2/396”

Mausuah Al Albani fi Al Aqidah hal. 319, Syamilah Android. Dalam risalah tersebut terdapat penjelasan menyeluruh seputar kehujjahan hadits ahad dalam soal aqidah. Semoga Allah memberi kita taufiq.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 1, 2013 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: