RSS

Fatwa Ulama Seputar Adzan dan Iqamah bagi Bayi yang Baru Lahir

13 Sep

image

Fatwa Syaikh Muhammad ibn Shalih Al Utsaimin rahimahullah

السؤال: أحسن الله إليكم محمد حسن من اليمن يقول هل الأذان في أذن المولود والإقامة في أذنه الأخرى سنة أم لا وما صحة الأحاديث في هذا الأمر؟
الجواب
الشيخ: أما حديث الإقامة في اليسرى فإنه ضعيف وأما حديث الأذان في أذنه اليمنى فلا بأس به على أن فيه مقالا أيضا ولكن هذا يكون حين الولادة مباشرة قال العلماء والحكمة في ذلك أن يكون أول ما يسمعه الأذان الذي هو النداء إلى الصلاة والفلاح وفيه تعظيم الله وتوحيده والشهادة لنبيه صلى الله عليه وسلم بالرسالة.

Fadhilatus Syaikh ditanya dalam Fatawa Nur Ala Darb : Semoga Allah memberimu kebaikan, Muhammad Hassan dari Yaman bertanya tentang adzan di telinga bayi yang baru lahir dan iqamah di telinga yang lain apakah itu sunnah atau bukan, dan apakah haditsnya shahih dalam perkara ini?

Jawab : Tentang hadits iqamah di telinga kiri maka itu dhaif, adapun hadits adzan di telinga kanan maka tidak mengapa (berhujjah dengannya), walaupun ada sebagian yang mengomentarinya. Para ulama menjelaskan bahwa hikmahnya agar yang pertama kali didengar oleh bayi yang baru lahir ialah adzan, yang itu merupakan seruan menuju shalat dan kemenangan. Dan terdapat juga di dalamnya keagungan Allah, mentauhidkanNya, persaksian kepada NabiNya shallallaahu alaihi wa sallam atas risalah.

Sumber disini

Fatwa Syaikh Abdul Aziz ibn Abdullah Ar Rajihi hafizhahullah

السؤال: ما حكم الأذان[  ]  في أذني المولود عند ولادته، وما حكم تحنيك المولود، وهل هما خاصان بالنبي صلى الله عليه وسلم؟
الإجابة: ليس خاصا بالنبي صلى الله عليه وسلم التحنيك سنة، ظاهره أنه سنة يحنك، وهو أن يأتي بتمرة ويدلك بها حنك الصبي، أما الأذان[  ]  كذلك جاء في حديث، لكن فيه بعض ضعف يؤذن في الأذن اليمنى، ويقيم في الأذن اليسرى، فإن فعل فلا حرج، فيه بعض اللين، الحديث ذكره ابن القيم[  ]  في “تحفة المودود في أحكام المولود”، فإن فعل فلا حرج، وإن ترك فلا حرج، نعم.

Pertanyaan : Apa hukum adzan di telinga bayi yang baru lahir? Apa hukum tahnik bayi yang baru lahir? Apakah itu merupakan kekhususan bagi Nabi shallallaahu alaihi wa sallam?

Jawab : Bukanlah termasuk kekhususan bagi Nabi shallallaahu alaihi wa sallam, tahnik itu sunnah, dhahir hadits menunjukkan bahwa itu sunnah. Yaitu memberikan kurma dengan jari dan menempelkan di dinding mulut bayi. Adapun adzan maka terdapat beberapa hadits terkait hal tersebut, akan tetapi sebagian ulama mendhaifkan hadits tentang adzan di telinga kanan, dan iqamah di telinga kiri. Adapun melakukannya maka tidaklah mengapa, terdapat kelemahlembutan dalam hal ini. Hadits-haditsnya disebutkan oleh Ibn Al Qayyim dalam “Tuhfatul Maudud fi Ahkam Al Maulud”, maka mengerjakannya tidak mengapa, dan meninggalkannya juga tidak mengapa. Na’am.

Sumber disini

Dalam kesempatan lain beliau ditanya

السؤال: هل ورد أو صح الأذان[  ]  في أذن المولود هل هو سنة؟
الإجابة: نعم. جاء في بعض الأحاديث، لكن في سنده بعض الشيء، ذكره ابن القيم[  ]  في “تحفة المودود في أحكام المولود”، فلا حرج إذا أذن وأقام في أذنه، نعم.

Apakah terdapat hadits yang shahih dalam masalah adzan di telinga bayi yang baru lahir, dan apakah itu sunnah?

Jawab : Iya, terdapat sebagian hadits, akan tetapi dalam sanadnya terdapat sesuatu (yaitu dhaif). Hal ini disebutkan oleh Ibn Al Qayyim dalam “Tuhfatul Maudud fii Ahkam Al Maulud”. Tidak mengapa jika adzan dan iqamah di telinganya. Na’am.

Sumber disini

Tambahan : Hikmah Adzan dan Iqamah di Telinga Bayi (Abdullah ibn Abdul Aziz Al ‘Uqail)

السؤال: سائل يسأل عن مولود أذَّن أبوه في أذنه اليمنى، وأقام الصلاة في أذنه اليسرى، هل ورد دليل على ذلك؟ وما الحكمة في الأذان[  ]  والإقامة في أذن المولود الصغير الذي لا يعقل مثل هذا، ولا يشعر به؟
الإجابة: أما الأذان[  ]  في أذن المولود فقد روى أبو داود، والترمذي، والحاكم وصححاه، عن عبيد الله بن أبي رافع، عن أبي رافع قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم أذن في أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة (1).

وأما الجمع بين الأذان والإقامة، فقد ورد فيه حديثان:
– أحدهما: ما رواه البيهقي في (الشعب) بسند فيه ضعف، عن ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي[  ]  صلى الله عليه وسلم أَذَّن في أُذن الحسن بن علي يوم ولد، وأقام في أذنه اليسرى (2).
– والحديث الثاني: ما رواه البيهقي أيضاً في (الشعب) بسند فيه ضعف عن الحسن بن علي أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: “مَن وُلد له مولود، فأذّن في أُذنه اليمنى، وأقام في أذنه اليسرى، رفعت عنه أم الصبيان” (3).

▪ وعلى هذه الأحاديث الثلاثة اعتمد ابن القيم[  ]  في (تحفة المودود في أحكام المولود)، وترجمها باستحباب التأذين في أذن المولود، والإقامة في أذنه اليسرى.

. ثم أبدى ابن القيم رحمه الله الحكمة في ذلك، فقال: سر التأذين -والله أعلم- أن يكون أول ما يقرع سمع الإنسان كلماته -أي: الأذان- المتضمّنة لكبرياء الرب، وعظمته، والشهادة التي هي أول ما يدخل بها في الإسلام، فكان ذلك كالتلقين له شعار الإسلام عند دخوله إلى الدنيا[  ] ، كما يلقن كلمة التوحيد[  ]  عند خروجه منها. وغير مستنكر وصول التأذين إلى قلبه، وتأثره به، وإن لم يشعر.
– مع ما في ذلك من فائدة أخرى: وهي هروب الشيطان[  ]  من كلمات الأذان، وهو كان يرصده حتى يولد، فيقارنه المدة التي قدرها الله وشاءها، فيسمع شيطانه ما يضعفه، ويغيظه أول أوقات تعلقه به.
– وفيه معنى آخر: وهو أن تكون دعوته إلى الله، وإلى دينه الإسلام، وإلى عبادته سابقة على دعوة الشيطان، كما كانت فطرة الله التي فطر الناس عليها سابقة على تغيير الشيطان لها، ونقله عنها، ولغير ذلك من الحكم.أ.هـ، والله حكيم عليم.

________________________________________

1 – أبو داود (5105)، والترمذي (1514)، وأحمد (6/ 9، 391)، والبيهقي (9/ 305)، قال الحافظ في (التلخيص) (4/ 149): ومداره على عاصم بن عبيد الله وهو ضعيف.أ.هـ.
2 – البيهقي في (شعب الإيمان[  ] ) (8620).
3 – البيهقي في (الشعب) (8619)، وقال الإمام البيهقي بعد الحديثين: في هذين الإسنادين ضعف.

Pertanyaan :

Ada penanya yang ingin menanyakan seputar masalah mengadzani bayi di telinga kanan, dan iqamah shalat di telinga kiri. Apakah terdapat dalil dalam masalah ini? Apa hikmahnya adzan dan iqamah di telinga anak kecil yang belum berakal seperti ini? Apakah ini disyariatkan?

Jawab :

Adapun adzan di telinga bayi maka terdapat riwayat dari Abu Dawud, Tirmidzi, Al Hakim dalam shahihnya, dari Ubaidillah ibn Abi Rafi’, dari Abu Rafi’ beliau berkata, “Aku melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengadzani Al Hasan ibn Ali ketika Fathimah melahirkannya [HR Abu Dawud (5105), At Tirmidzi (1514), Ahmad (6/9, 391), Al Baihaqi (9/149), Al Hafizh berkata dalam At Talkhish 4/305 : sumbernya dari  Ashim ibn Ubaidillah, dan beliau dhaif]

Adapun menggabung antara adzan dan iqamah, maka terdapat dalam dua hadits :

Pertama : diriwayatkan dari Al Baihaqi dalam Sya’b Al Iman dengan sanad yang lemah, dari Ibn Abbas  radhiyallaahu anhuma bahwa Nabi shallallaahu alaihi wa sallam mengadzani Al Hasan ibn Ali di hari kelahirannya, dan mengiqamahinya di telinga kiri [HR Al Baihaqi dalam Sya’bul Iman (8620)]

Kedua : Al Baihaqi meriwayatkan juga dalam As Sya’b dengan sanad yang lemah dari Al Hasan ibn Ali bahwa Nabi shallallaahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang dikaruniai anak, lalu ia mengadzani telinga kanannya, dan iqamah di telinga kirinya, maka Ummu Shibyan (jin perempuan) tidak akan mengganggunya” [HR Al Baihaqi dalam Sya’bul Iman (8619), dan Imam Al Baihaqi berkata setelah dua hadits tersebut : dalam sanad keduanya terdapat kelemahan]

Tiga hadits ini menjadi pijakan bagi Ibn Al Qayyim dalam Tuhfat Al Maulud fi Ahkam Al Maulud, dalam anjuran mengadzani telinga kanan bayi, dan iqamah di telinga kiri.

Kemudian Ibn Al Qayyim rahimahullah menjelaskan hikmah dari adzan ini, beliau berkata :

Rahasia mengadzani bayi –wallahu a’lam- adalah sebagai awal bacaan yang didengar oleh manusia, yaitu kalimat adzan, yang mengandung kebesaran, keagungan Rabb, dan syahadat yang pertama kali memasukkannya dalam Islam. Ibarat talqin sebagai syiar Islam ketika memasuki dunia, dan talqin kalimat tauhid pula ketika keluar dari dunia. Dan tidak dipungkiri bahwa adzan akan sampai di hati, dan memberikan pengaruh baginya, walaupun tanpa disadari.

Adapun faidah lainnya : yaitu larinya syaithan, yang dengan takdir Allah dan kehendakNya akan membersamainya. Maka syaithan akan mendengar sesuatu yang membuatnya lemah dan membuatnya marah sejak pertama kali membersamainya.

Makna lainnya : adalah agar seruan kepada Allah, kepada agama Islam dan ibadah, mendahului dari seruannya syaithan. Sebagaimana telah Allah jadikan ia diatas fitrah, yang manusia berada di atas fitrah tersebut, dan (fitrah itu) lebih dahulu ada sebelum syaithan mengupayakan perubahan pada diri anak tersebut. Dan juga hikmah-hikmah lainnya.

Sumber disini

Fatwa Syaikh Khalid Al Musyaiqih hafizhahullah

السؤال

السلام عليكم ورحمة الله ! ما هو حكم الأذان والإقامة في آذان المولود بعد ولادته؟

هل هو سنة مشروعة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أم لا ؟
وما هو آراء الأئمة الأربعة في هذه المسئلة مع بيان مراجعها؟

أريد أن أعرف تأريخ التأذين والإقامة في أذن المولود،متى بدأ هذا العمل في المسلمين وشاع؟
هل عمل به المسلمون عملا متواترا في جميع القرون؟

يقول بعض الناس أنه يعمل به المسلمون في جميع أنحاء العالم في الزمن الحاضر.هل هذا صحيح أم لا؟وأرجو منكم أن ترشدوني إلى كتاب مفيد في هذا الباب؟أفيدوني جزاكم الله!

الجواب

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

حكم الآذان والإقامة في أذن المولود غير مشروع لأن الوارد في ذلك حديث ضعيف لا يثب عن النبي صلى الله عليه وسلم .

وأما بالنسبة للمرجع في ذلك ورأي الأئمة في ذلك :

فبإمكان الأخ السائل أن يرجع إلى كتب المذاهب بالنسبة لكتب الحنفية فإنه يرجع إلى كتاب حاشية رد المحتار أو بدائع الصنائع ،
وبالنسبة للمالكية يرجع إلى كتاب الشرح الكبير للدردير و حاشية الدسوقي عليه، وبالنسبة للشافعية يرجع إلى كتاب مغني المحتاج أو روضة الطالبين ،
وبالنسبة للحنابلة يرجع إلى الشرح الكبير أو الإنصاف أو المغني وغير ذلك من المراجع.

وابن القيم رحمه الله له كتاب حافل في أحكام المولود اسمه (تحفة الودود في أحكام المولود ).

والعلماء رحمهم الله يبحثون هذه المسألة في عندما يبحثون في أحكام العقيقة تبعاً لأحكام الأضاحي .

وبالله التوفيق.

Pertanyaan : Assalamualaikum warahmatullah! Apa hukum adzan dan iqamah di telinga bayi yang baru lahir? Apakah itu sunnah Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam atau bukan? Dan apa pandangan para imam yang empat dalam masalah ini beserta penjelasan referensinya? Saya ingin mengetahui asal mula kebiasaan adzan dan iqamah pada bayi yang baru lahir, kapankah dimulainya kebiasaan tersebut oleh kaum muslimin? Apakah ini amal kaum muslimin yang mutawatir di setiap masa? Sebagian manusia berkata bahwa kaum muslimin semua mengamalkannya di setiap negeri, di setiap zaman. Apakah ini benar atau tidak? Saya berharap dari Anda untuk membimbing kepada buku-buku yang berfaidah dalam masalah ini. Jazakumullah!

Jawab : Alhamdulillah washalatu wassalamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala aalihi wa shahbihi, amma ba’du.

Hukum adzan dan iqamah di telinga bayi tidaklah disyariatkan, karena terdapat kelemahan dalam hadits-haditsnya, sehingga tidaklah tsabit dari Nabi shallallaahu alaihi wa sallam.

Adapun terkait referensi dan pendapat para imam dalam masalah ini, maka mungkin saudara penanya bisa merujuk ke kitab-kitab madzhab Hanafiyah, yaitu Hasyiyah Radd Al Mukhtar, atau Bada’i As Shanai’. Adapun Malikiyah bisa merujuk ke Syarh Al Kabir karya Ad Dardiri, dan Hasyiyah Ad Dasuqi atasnya. Syafiiyah bisa merujuk kitab Al Mughni Al Muhtaj atau Raudhatu At Thalibin. Hanabilah bisa merujuk ke Syarh Al Kabir atau Al Inshaf atau Al Mughni atau referensi selainnya.

Juga Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitabnya terkait kelahiran berjudul “Tuhfatul Maudud fii Ahkam Al Maulud”.

Adapun para ulama rahimahumullah (biasanya) membahas permasalahan ini dalam bab aqiqah, mengikuti hukum menyembelih kurban. Wabillahi attaufiiq.

Sumber disini

Fatwa Syaikh Abdul Aziz ibn Marzuq At Tharifi hafizhahullah

ما صحة التأذين والإقامة في أذن المولود؟

الحديث في أذان المولود لا يصحّ؛ فقد أخرجه أحمد في مسنده وأبو داود في سننه والترمذي والبزار في مسنده، والطبراني في معجمه، والبيهقي في الشعب، وعبدالرزاق في مصنفه، من طريق عاصم بن عبيدالله، عن عبيدالله بن أبي رافع، عن أبيه، قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم أذّن في أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة.

وفي إسناده عاصم بن عبيدالله قال أبو حاتم: منكر الحديث مضطرب الحديث ليس له حديث يعتمد عليه، وضعفه ابن معين، وقال البخاري: منكر الحديث.

وأخرجه أبو يعلى عن حسين قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((من ولد له ولد فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى لم تضره أم الصبيان))[رواه أبو يعلى في مسنده6780]، وفيه مروان بن سالم الغفاري وهو متروك.

وأخرج البيهقي في الشعب من طريق الحسن بن عمرو عن القاسم بن مطيب عن منصور بن صفية عن أبي معبد عن ابن عباس أن النبي صلى الله عليه وسلم أذن في أذن الحسن بن علي يوم ولد فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى.

وهذا منكر، فالحسن بن عمرو كذبه البخاري.

ولا يثبت في استحباب الأذان في أذن الصبي حديث.

Pertanyaan : Benarkah ada adzan dan iqamah bagi bayi yang baru lahir?

Jawab : Hadits mengenai adzan bayi yang baru lahir tidaklah shahih, telah dikeluarkan oleh Ahmad dalam Musnadnya, Abu Dawud dan Sunannya, At Tirmidzi dan Al Bazzar dalam Musnad mereka, At Thabrani dalam Mu’jamnya, Al Baihaqi dalam Sya’bul Iman, Abdurrazzaq dalam Mushannafnya, dari jalur Ashim ibn Ubaidillah, dari Ubaidillah ibn Abi Rafi’, dari bapaknya, beliau berkata : Aku melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam adzan di telinga Al Hasan ibn Ali ketika Fathimah melahirkannya, dengan adzan untuk shalat.

Dan dalam isnadnya terdapat Ashim ibn Ubaidillah, Abu Hatim berkata : haditsnya munkar, goncang haditsnya, tidak ada hadits yang bisa dipegang darinya, didhaifkan pula oleh Ibn Ma’in, dan Al Bukhari berkata : haditsnya munkar.

Abu Ya’la telah mengeluarkan dari Husain beliau berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang dikaruniai anak, lalu ia mengadzani telinga kanannya, dan iqamah di telinga kirinya, maka Ummu Shibyan (jin perempuan) tidak akan mengganggunya” (HR Abu Ya’la dalam Musnadnya 6780), dan dalam sanadnya terdapat Marwan ibn Salim Ghaffari dan dia matruk (ditinggalkan haditsnya).

Al Baihaqi telah mengeluarkan dalam Sya’bul Iman dari jalan Al Hasan ibn Amr ibn Al Qasim ibn Muthib dari Manshur ibn Shafiyyah dari Abu Ma’bad dari Ibn Abbas bahwasanya Nabi shallallaahu alaihi wa sallam adzan di telinga Al Hasan ibn Ali di hari kelahirannya, maka beliau adzan di telinga kanan dan iqamah di telinga kirinya. Hadits ini munkar, Al Bukhari berkata mengenai Al Hasan ibn Amr : munkar.

Maka tidaklah shahih adanya hadits tentang anjuran adzan di telinga bayi.

Sumber disini

Fatwa Syaikh Abdullah Al Hammadi hafizhahullah

الجواب:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
الأخت الكريمة بارك الله فيها
يرى بعض أهل العلم مشروعية الأذان في أذن المولود بناء على
أنَّ الأحاديث الواردة في ذلك صحيحة أو حسنة

والذي ظهر لي أنها ضعيفة لا تصلح للاحتجاج
وبناءً على ذلك فالأذان في أذن المولود غير مشروع

والأحاديث الواردة في الإقامة في أذن المولود اليسرى أشدُّ ضعفاً

والقول بعدم مشروعية الأذان في أذن المولود هو قول الإمام مالك، وهو الصحيح

المُجيب الشيخ عبد الله الحمادي حفظهُ الله

Dalam sebuah pertanyaan yang panjang terkait hukum adzan dan iqamah di telinga bayi yang baru lahir, beliau menjawab :

Waalaikumussalam warahmatullah wabarakatuh. Saudari yang mulia, yang semoga Allah memberkahinya. Sebagian ahli ilmu berpendapat bahwa hal disyariatkan mengadzani bayi yang baru lahir, berpijak pada hadits-hadits dalam masalah ini yang berkisar antara shahih atau hasan.

Akan tetapi yang nampak secara zhahir bagiku, bahwasanya hadits tersebut dhaif dan tidak dapat dijadikan sebagai argumen. Oleh karena itu, adzan di telinga bayi tidaklah disyariatkan. Adapun hadits-hadits seputar iqamah di telinga kiri maka lebih-lebih lagi dhaifnya. Dan pendapat bahwa tidak disyariatkannya mengadzani bayi yang baru lahir ialah pendapat Imam Malik, dan ini pendapat yang benar.

Sumber disini

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 13, 2014 in Islam

 

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: