RSS

Menyebut Muhammad ‘Alaihissalam, Bolehkah?

27 Apr
Menyebut Muhammad ‘Alaihissalam, Bolehkah?

image

Syaikh Shalih ibn Abdullah Al ‘Ushaimi hafizhahullah menjelaskan perkataan Al ‘Izz ibn Abdus Salam rahimahullah dalam “Maqashidus Shaum” yang menyebut Rasulullah dengan ‘alaihissalam, beliau berkomentar :

“Madzhab sekelompok ahli ilmu tidak menyukai penyebutan salam tanpa shalawat. Telah berlalu di penjelasan kami lebih dari sekali bahwa penyebutan shalawat dan salam atas Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak lepas dari tiga kondisi :

1. Menggabung shalawat dan salam atas Nabi, menjadi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, atau semisal dengan itu. Ini tingkatan paling utama dan paling tinggi. Sebagaimana dalam Al Quran Al Karim, Allah Ta’ala berfirman

إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya” (QS Al Ahzab : 56)

2. Meringkas jadi shalawat saja, menjadi shallallaahu ‘alaih. Tingkatan ini berpahala sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Barangsiapa yang mengucapkan sholawat kepadaku satu kali, maka Allah mengucapkan sholawat kepadanya 10 kali.” (HR. Muslim)

3. Meringkas jadi salam atas Nabi, ‘alaihissalam. Ini tingkatan di bawah kedua yang telah disebutkan. Adapun pendapat bahwa ini makruh perlu ditinjau kembali, akan tetapi yang paling sempurna adalah seorang hamba menggabung antara shalawat dan salam, menjadi shallallaahu ‘alaihi wa sallam”

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 27, 2015 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: